Sabtu, 21 April 2012

Ketua TPA AL-FALAH


LAPORAN AKTIVITAS
TPA AL-FALAH WESABBE MAKASSAR
PERIODE 2011-2014 M

PENGURUS TPA AL-FALAH WESABBE
Mengawali kepengurusan baru, setelah pergantian kepengurusan berdasarkan Surat Kepurusan No. 017/ SK-PMA/ XII/ 2011 tentang Reshuffle Satruktur Kepengurusan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Falah Wesabbe kelurahan Tamalanrea, Tahun 2011-2014. Keputusan tersebut menetapkan Saudara Muh. Fajrin sebagai kepala, Saudara Rajib Alzan sebagai sekretaris dan Ibu Nasly sebagai bendahara.
Kepengurusan yang baru terbentuk sekitar empat bulan ini sebenarnya merupakan lanjutan dari kepengurusan sebelumnya, dimana ketua sebelumnya memundurkan diri karena telah menyelesaikan study masternya di makassar dan akan kembali ke daerah. Apabila dilihat dari pengalaman, kami menyadari sangat jauh berkompeten dari ketua sebelumnya karena ini merupakan pengalaman pertama dalam mengurus TPA. Adapun stuktur kepengurusan baru adalah sebagai berikut:
Penasehat     :   1. Ketua ORW 05 dan ORT se-Kompleks wesabbe
                        2. Ketua Pengurus Masjid Al-Falah
                        3. Drs. H. Burhanuddin Nonci, M.Si
                        4. drs. H. Najamuddin Sanre
Pembina         : 1. Drs. Sirajuddin
                        2. Azhar Azis, SE
                        3. Hj. Khaerun Arfah
Pengurus Harian
Kepala TPA    : Muhammad Fajrin S, ST.
Wakil ketua     : Muh. Imanidari
Sekretaris        : Rajib Alzsan S.Pd.
Wakil Sekretaris : Ariesta handayani
Bendahara      : Nasly NS.
Wakil Bendahara : 1. Erlina Muhammad
                               2. Fauziah Khusnul Khasanah

Penanggung Jawab:
Kesantrian                                                                  Kurikulum dan Ketatausahaan
Koordinator     : Upik Elsawaty                                    Koordinator     : Ashadien Noer Pratama
Anggota           : Hj. Minarni                                         Anggota           : Supriadi
                          St. Raodah                                                                   Muh. Fuad
                          Muh. Firdaus Banjar                                                     Muhammad Dahlan
                          Firman                                                                         Aspar
                                                                                                              Firman

Humas                                                                       Keamanan
Koordinator     : Zulqifli                                               Koordinator     : Mustamin Dg. Tutu
Anggota           : Muh. Zaky                                        Anggota           : Iwan Rovery
                          Musdalifah                                                                  Ramadhan
                          Fakhriyah Awalia Rustam


PERSATUAN ORANG TUA SANTRI (POS)
Terbentuknya Persatuan Orang Tua Santri diharapkan mampu menjembatani persoalan yang terjadi dalam perkembangan TPA, seperti adanya orang tua santri yang berinfaq di luar iuran santri, bantuan dalam penggandaan kartu donatur dan kartu prestasi santri. Dan paling utama adalah dukungan POS dalam bentuk pemikiran dan saran demi kemajuan TPA. Peran POS selama reshuffle kepengurusan tidak signifikan, Sejak terbentuknya POS pada bulan Juni sampai saat ini, pengurus TPA sudah tiga kali mengundang POS dalam Agenda Perkembangan TPA, pada tiga bulan terakhir ini masukan Ide dan saran tentang TPA biasanya disampaikan langsung oleh orang tua santri tanpa melalui wadah POS.

DEWAN PENGAJAR
Dewan pengajar adalah mereka yang diamanahkan sebagai pengajar di TPA karena tidak semua pengurus TPA masuk dalam jajaran dewan Pengajar.
Adapun Dewan Pengajar TPA adalah sebagai berikut:
  • Ariesta Handayani
  • Erlina Muhammad
  • Fauziah Khusnul Khasanah
  • Rajib Alzsan, Spd.
  • Muh. Fajrin ST.
  • Firman
  • Zulkifli
  • Iwan Rovery
  • Muh. Imanidari
  • Muh. Dahlan
  • Muh. Firdaus Banjar
  • Muh. Zaky
  • Muh. Fuad
  • Ramadhan
  • Ikhsan

SANTRI
Santri TPA Al-Falah sudah aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, walau sampai saat ini kedisiplinan dan ketertiban santri belum bisa dikendalikan secara keseluruhan. Konsep kepengurusan sebelumnya yang memisahkan antara santri laki-laki dan perempuan menambah ketertiban santri (khususnya santri laki-laki) tidak bisadikendalikan secara maksimal, apalagi tenaga pengajar laki-laki kadang tidak bersamaan hadir.

Proses penerimaan santri pada kepengurusan baru ini diambil kebijakan yakni akan menerima (memberi pengajaran Al Qur’an) kepada seluruh santri yang mendaftar, namun secara administrasi belum didaftar di buku santri. Pendaftaran secara resmi akan disesuaikan dengan kurikulum pendidikan yaitu bulan Juni.
Santri yang terdaftar sejumlah 83 orang dan yang aktif sejumlah 67 orang. Terdiri atas jenjang belajar Iqra’ sejumlah 36 orang dan jenjang belajar Al-Qur’an/ Tadarrus sejumlah 31 orang.

Wisuda santri merupakan harapan dari seluruh orang tua santri, begitu pula Dewan Pengajar. Sudah sekitar lima tahun, TPA Al-Falah tidak melakukan wisuda santri. Setelah kami analisa, P3Q sebagai wadah pemersatu TPA-TPA selama ini belum pernah melakukan wisuda santri secara massal, sedangkan BKPRMI yang pernah memberi formulir pengajuan pendaftaran TPA, ternyata kepengurusan yang lalu belum mendaftarkannya. Tahun ini, TPA berencana akan mendaftarkan diri di BKPRMI. Setelah lama menunggu kabar wisuda santri, ternyata pengurus P3Q akan mengadakan wisuda santri dalam waktu dekat ini. Olehnya itu, Dewan Pengajar telah mendata santri yang ingin diusulkan untuk diwisuda.

KEGIATAN TPA
Kegiatan  TPA selama ini meliputi pengajaran Al-Qur’an dan dasar-dasar Islam melalui beberapa metode yaitu, qira’ah Al-Qur’an, tadarrus, tahfidz Al-Qur’an, tahzin al-Qur’an, tarikh Islam, dinul Islam, tahfidz doa, dan praktek shalat.

Kurikulum yang diterapkan selama ini yaitu jadwal hari Ahad, Senin, Selasa, Kamis adalah qira’ah dan tadarrus. Hari Rabu adalah tahfidz al-Qur’an dan doa, hari jum’at diperuntukkan bagi pelajaran praktek. Sedangkan pembelajaran Khot, biasanya dilakukan setelah santri qira’ah atau tadarrus.

Kegiatan-kegiatan diluar pengajaran di TPA selama kepengurusan ini yaitu pembinaan Islam bagi pengajar Laki-laki setelah jam pengajaran TPA. Pemberian perhatian kepada pengajar dan santri juga merupakan hal yang diperhatikan, seperti memberikan bantuan pengurus dan santri kepada santri atau pengajar yang sakit dan pemberian kenangan kepada ketua sebelumnya yang sudah kembali ke daerah.

LAPORAN KEUANGAN
Saldo terakhir di bulan November yaitu Rp 1.821.150 dan sekarang dana saldo terakhir yang dipengang oleh bendahara yaitu Rp 1.807.550

PENUTUP
Deikian laporan ini dibuat sebagai bahan laporan pertanggungjawaban kami selama kepengurusan di TPA Al-Falah. Semoga bisa menjadi bahan evaluasi dan referensi dalam mengambil kebijakan-kebijakan di TPA ke depannya. Semoga kesehatan dan semangat senantiasa diberikan kepada kita untuk terus menjadikan pendidikan Al-Qur’an sejak dini semakin tumbuh dalam membentuk Generasi Qur’ani. Aamiin

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung di Blog kami.
Silahkan komentar. Salam Blogger ^_^