Senin, 16 Juli 2012

Pelangi di LKD GAPPEMBAR


"Pelangi itu indah karena perbedaan warna, berbeda namun tak saling bergesekan dan bersinggungan melainkan saling bersinergi"

Alhamdulillah, sebuah kesyukuran sekaligus musibah bagi kami yang diamanahkan sebagai "Master of Training" di Latihan Kepemimpinan Dasar Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiswa Barru Komisariat 1 Tanete Rilau angkatan XLII (ke-42) dan kegiatan terlaksana dengan lancar.
LKD yang diikuti oleh 45 peserta dari unsur pemuda daerah, pelajar dari beberapa sekolah di Kab.Barru dan calon mahasiswa yang tinggal menunggu pengumuman SNMPTN 2012. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari, mulai hari Sabtu-Kamis tanggal 30 Juni-5Juli 2012 bertembat di SMA Negeri 1 Tanete Rilau.

LKD dihadiri oleh kader-kader GAPPEMBAR, baik yang sudah berkeluarga, bekerja, maupun mahasiswa, dimotori oleh panitia lokal (kader komisariat 1 Tanete Rilau) yg begitu bersemangat dan juga dari beberapa komisariat yang sekaligus rangkap menjadi panitia.Dari sanalah kekeluargaan dalam organisasi , pengkaderan sebagai wadah menghadirkan generasi pelanjut juda sebagai ajang silaturahim antar kader dari berbagai kecamatan. Mulai dari Komisariat V Tanete Riaja yang begitu antusias berpartisipasi dalam setiap pengkaderan Tanete Rilau, sampai-sampai kami tak tahu mana panitia lokal mana panitia tamu, seperti sudah satu bagian yang tak terpisahkan setiapt melakukan pengkaderan di dua komisariat ini.

Ada juga dari komisariat II Barru, komisariat III Soppeng Riaja, komisariat VI Balusu, bahkan sampai komisariat IV Malusettasi dan komisariat Universitas di Makassar yang notabene berada di ujung kab. Barru, bela-belain datang ke Komisariat 1 Tanete Rilau sebagai bentuk Pengabdian, Tanggung Jawab sebagai kader, ajang silaturahim (tambah-tambah teman n kenalan) dan tak kalah penting untuk berpartisipasi dalam menyambut kelahiran adik baru dan teman seperjuangan, generasi penerus GAPPEMBAR...

Banyak Kisah...
Banyak Cerita...

Banyak Hikmah...
Banyak Pengalaman...


Mengevaluasi hasil Konsep LKD yang telah teman-teman Instruktur buat di Makassar jauh hari sebelum pelaksanaan dan hasil rapat Instruktur di lokasi, maka tidak dapat dipungkiri masih banyak yang perlu dibenahi untuk LKD ke depannya. Kami dari Instruktur mulai memaksimalkan penerapan HASIL LOKAKARYA PEDOMAN PENGKADERAN GAPPEMBAR, karenanya ini adalah LKD pertama yang menjadikan hasil Lokakarya Pengkaderan sebagai referensi konsep (kalau dulu, konsep pengkaderan disesuaikan dengan kebiasaan/budaya #menurutku)

Sebagai Master of Training, saya sangat berbangga telah berjuang bersama TIM Hebat GAPPEMBAR. Tim yang menyusun, mengontrol dan mengevaluasi pelaksanaan LKD Komisariat 1 Tanete Rilau angkatan XLII. Siapakah mereka?? ^^
Kanda Nur Wahyudi Akbar Salam,S.Pd. sebagai Vice of Master, Kanda Yayat Hidayat sebagai Instruktur Imamah, Tim Hebat kami yang lain ada kanda Arifai Mantovani, Riswandi Ridwan, SH., Muhammad Taufiq S.Pd., Hadifa Suaib S.Pd., Magfirah S.Pd., Ambottang, Zakiyah Binti Harun, Muhaemin. Di TIM Hebat ini juga ada yang disebut Instruktur Muda yang tak kalah semangatnya, ada kanda A.Iqbal Husni, Asrul, Ahmad syakib, A.Ikram Rifqi, Ahmad Nur Iman, Imam Taqwa, Ayu Inayah dan Mutmainnah. Tentunya juga yang banyak membantu yaitu dari pihak pengurus DPP GAPPEMBAR dan senior-senior, kanda Akky, kanda Rijal, kanda Muhaemin "Cimink", kanda Iqbal, kanda Udin, Wisma. dan seluruh senior yang juga rangkap jadi pemateri.

Materi-materi LKD yang disusun sesuai di Pedoman Pengkaderan yang diusahakan pemateri-pematerinya itu dibawakan dari berbagai latar belakang agar wawasan peserta nantinya dapat lebih luas dan terbuka. seperti dari kanda senior yang Profesional (yang sudah bekerja di bidangnya), senior di Pemerintahan, dan senior di Pergerakan (Mahasiswa).

Terima kasih yang tak ternilai kepada kanda-kanda senior yang telah mengisi materi di LKD ini.
Kanda Hermansyah SE. (Eroz), kanda Akhiruddin Asaf (k'Udin), kanda Muh.Taufiq S.Pd., kanda Haskar S.Pd.M.Pd., kanda Nasrul Halim SE., kanda Misbahuddin, kanda Hasrul HK (k'Ancil), kanda Muhaemin (k'mimin), kanda Muhammad Rijal N.,ST. (p' sekjen), Hadifa Suaib, Magfira, Zakia Binti Harun, dan tak kalah pentingnya Bapak Camat Tanete Rilau. (mohon maaf bila gelar dan nama tidak sesuai V^^)

LKD kali ini juga kami membuktikan bahwa "anggapan" orang di luar GAPPEMBAR yang mengatakan bahwa "sudah tak ada pihak PEMUDA di tubuh GAPPEMBAR dan yang dikader/mengkader adalah anak SMP" itu TIDAK BENAR. Peserta di LKD ini ada juga dari pemuda, dan yang dikader (jadi peserta) itu adalah minimal akan masuk SMA kelas X. Sesuai AD/ART dan Pedoman Pengkaderan yang ada, bahwa Anggota GAPPEMBAR (peserta LKD) itu minimal berusia "15 TAHUN" terpenuhi.

Pengkondisian lokasi pengkaderan juga merupakan hal yang kami utamakan, 
dimana lokasi pengkaderan menerapkan aturan :

*DI LOKASI, PANITIA/INSTRUKTUR/TAMU BERBUSANA RAPI DAN SOPAN
(Laki-laki memakai CELANA PANJANG dan wanita memakai pakaian TIDAK ketat dan BERJILBAB)
*DILARANG BERDUA-DUAAN/ MENYUDUT/ APALAGI DI TEMPAT GELAP
*PESERTA DAN PANITIA WAJIB SHALAT 5 WAKTU (baik bersama peserta maupun setelahnya).
*Menjaga kebersihan lokasi pengkaderan
*MENGISI BUKU TAMU/ Daftar Hadir Panitia di POS jaga (gerbang)
*Meminta IZIN jika ingin keluar lokasi pengkaderan
*Menjaga suasana "KESAKRALAN" FORUM dengan tidak mendekati forum.
*Panitia/Tamu/Instruktur "menjaga jarak" dengan Peserta
*DLL


KEPANITIAAN.....
Masih banyak yang perlu dibenahi, mulai dari KEKOMPAKAN dan PARTISIPASI aktif dari seluruh panitia agar kerja-kerja persiapan acara bisa ringan. PEMBAGIAN JOB/TUGAS di awal terbentuknya kepanitiaan itu perlu, siapa yang koordinator/ penanggungjawab(PJ) Acara/forum, pj Dana, pj Logistik/komsumsi, pj Humas dan Persuratan, pj Dokumentasi (foto2 gitu), pj Kesehatan, dan pj Keamanan.

"Hidup adalah Proses. 
Proses pendewasaan diri, proses mencari jati diri, proses pendekatan diri kepada Tuhan"

Sama halnya Organisasi, organisasi ini adalah "PROSES" jadi ini adalah tempat menerpa diri, tempat belajar, tempat mencari ilmu dan pengalaman, jadi salah tidak jadi masalah selama bisa dijadikan pembelajaran. Ditunjuk jadi Ketua Panitia, Koordinator/PJ, atapun amanah yang lainnya mesti dianggap sebagai "TANTANGAN" dan bentuk "KEPERCAYAAN" kepada kita.

"Setiap masa melahirkan pemimpin,
Setiap pemimpin mewarnai masanya sendiri"

Kami sangat BANGGA melihat perjuangan, keikhlasan, pengorbanan, kerja keras dan semangat kanda-kanda di Pengurus Komisariat 1 Tanete Rilau, Keep Hamazah buat Ketua Komisariat 1 yang gagah, beserta jajarannya,,,,, kepada Ketua Panitia dan seluruh adik-adik PANITIA, SUKSES Dinda... ini adalah zaman kalian untuk mewarnai hidup dan berproses menempa diri menjadi manusi yang bermanfaat.

Sedikit masukan dan gambaran idealitas dari setiap bidang di kepanitiaan:
PJ Acara sebaiknya sebelum hari H, mempersiapkan pelaksana pembukaan (siapa MC, siapa Tilawah, dan siapa baca Doa), kalau di forum itu mempersiapkan fasilitas pemateri (Sound system, proyektor/LCD, speaker external laptop #diupayakan), mempersiapkan musik2 instrumen, video2 inspirasi/renungan/humor/dll agar saat menunggu atau istirahat bisa bunyikan/diperlihatkan.
kalau ada dana yang cukup, baiknya juga ada "KENANG-KENANGAN" kepada setiap pemateri, baik itu berupa pin, plakat, atau hasil kerajinan/kreasi adik2 panitia.

PJ Dana,,, wah,,, ini yang paling menantang dan sangat membutuhkan kesabaran tingkat tinggi^^. sebaiknya pencarian dana di zaman sekarang itu lebih inovatif dan kreatif. Kebiasaan "meminta sumbangan"/list donatur/apapun namanya hendaknya ditinggalkan, sedikit lebih halus kalau kita menjual asesoris/barang ke senior-senior dan masyarakat umum. Misalnya kalender, pin, kerajian, stiker, kue, dll dengan harga 50rb atau lebih :). Sebenarnya kalau iuran anggota jalan dan Donatur Tetap, maka pencarian dana itu tidak perlu lagi dilakukan,,, apalagi kaalau ada usaha mandiri Komisariat (jual pulsa, ATK, atau yang lainnya).

PJ Komsumsi/Logistik/biasa juga disebut PJ Dapur/ "Jennangge", ini bidang yang sangat berpengaruh di pengkaderan, karena menyangkut kesejahteraan seluruh orang. Sebaiknya PJ logistik itu membagi2/sift teman2 panitia, agar ruang dapur tersebut tak pernah kosong. Pengalaman kalau siang itu sangat kurang orang krn banyak yang izin pulang, malam baru balik lagi. Selain mengurus makanan peserta, harus juga diperhatikan bahwa teman2ta' panitia (Panitia lokal maupun Panitia tamu) juga mesti diperhatikan coz kalian yang kerja keras di lapangan, kalau Instruktur biar tidak disiapkanji makanan alakadarnya yang pasti ada air putih + ayam atau daging itu sudah cukup, hahaha (becanda de')... Instruktur itu juga mesti diperhatikan, agar tetap betah bersama teman2 panitia di lokasi.

PJ Humas dan Persuratan, ini yang penting juga sebagai bentuk penghormatan kita kepada senior atau masyarakat di luar panitia. Persuratan ke sekolah/lokasi pengkaderan, persuratan ke DPP tentang permohonan Instruktur dan undangan menghadiri acara, undangan kepada seluruh Komisariat, persuratan kepada seluruh Pemateri, dan berkas-berkas di forum (daftar hadir, Biodata/Curriculum Vitae pemateri, ataupun tempelan2 kata), ID peserta juga sebaiknya ada.

PJ Dokumentasi, ini mungkin dianggap biasa, tapi ini juga sangat mempengaruhi semangat parapelaku pengkaderan. sebagai dokumentasi sejarah di masa akan datang/kenangan. jangan hanya pakai HP kader, karena untuk menyatukan foto2 itu rumit. Foto pembukaan, setiap pemateri, setiap aktivitas yang terjadi (dapur, games, rapat, shalat,dll).

PJ Kesehatan,,, pj penolong nyawa, ada yang harus jadi pj untuk tugas kecil ini. mempertanyakan di awal pertemuan tentang penyaki-penyakit peserta, biasanya MAAG menempati urutan pertama kalau ada pengkaderan, disusul Sakit kepala, dibayang-bayangi oleh sakit KEMBUNG dan terakhir Sesak Nafas. kalau yang paling unik itu, MUDAH-MUDAHAN TIDAK TERJADI LAGI di LKD-LKD berikutnya, yaitu sakit yang diobati tanpa resep dokter biasa disebut "kerasukan", sepertinya suntikan obat penenang juga bagus disediakan #pendapatku.

PJ Keamanan,, ini yang biasa terlupakan namun sangat penting. Menjaga lokasi agar tetap aman dan kondusif, mendata seluruh orang yang masuk di lokasi (buku tamu dan dafatar hadir), dan setiap malam  keliling lokasi pengkaderan, jadi siapkan "senjata" kalian (senter ^^). Makanya teman-teman panitia logistik harus melihat kesejahteraan teman2 di  keamanan.

Yang tak terlaksana kemarin di LKD adalah kajian-kajian oleh senior-senior/ Instruktur di lokasi pengkaderan saat waktu senggang, jadi sewaktu peserta menerima materi, panitia juga meningkatkan wawasan dan kemampuan diskusi.


Banyak Kisah...
Banyak Cerita...

Banyak Hikmah...
Banyak Pengalaman...


Sekali lagi saya ucapkan, AKU BANGGA bisa berjuang bersama KALIAN Saudaraku, Teman Seperjuangan, dan Adik-adikku... 
Begitu banyak momen-momen indah yang kita lalui,,, canda, tawa, air mata, keringat, sinis, prihatin, bangga, bahagia, sabar, sedih, rasa lapar, dahaga, ngantuk, begadang telah menemani kami dalam menjalani hari-hari pengkaderan. Semoga hari-hari itu bernilai ibadah disisi-Nya. Aamiin...


Semoga sederetan kenangan ini dapat menjadi Inspirasi dan referensi tersendiri buat Master of Training ataupun instruktur di LKD berikutnya. Kami sadari masih banyak yang sempurna dari pengawalan konsep LKD ini, olehnya itu jika ada kritik ataupun saran kami harap disampaikan. Terimakasih

Salam Sukses...
Salam Kepedulian...
Salam Pengabdian untuk Barru...
Jayalah GAPPEMBAR...

                                                                                                         Makassar, 16 Juli 2012


# Berikut dokumentasi LKD ...^^

FORUM
#Peserta Menyimak Materi




Peserta makan Bersama

Olah Raga Pagi 
Kanda Nur Wahyudi, S.Pd. (Kanda Bayu)
Vice Master yang Penuh Perhatian kepada Peserta^^ 


Panitia dan Instruktur sejenak bercengkrama
 di luar forum
Acara Penutupan LKD Komisariat 1 Tanete Rilau








Penyerahan Berkas-Berkas LKD dari Master kepada Ketua Komisariat 1 Tanete Rilau  














Peserta Terbaik
Tiga Peserta Terbaik Menerima Kenang-Kenangan dari Instruktur 
Foto Bersama_Panitia-Peserta
#Generasi Muda Kab.Barru yang Siap Membawa Perubahan di Masa Depan

3 komentar:

  1. goood...kak di kamosariat apa itu kak and angkatan ke brapa

    BalasHapus
  2. ini kisah di komisariat 1 Tanete Rilau angkatan 42^^

    Thanks sdh mampir disini :D

    BalasHapus
  3. gapembar tambah maju dah..

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung di Blog kami.
Silahkan komentar. Salam Blogger ^_^