Rabu, 19 September 2012

SHALAT DHUHA


Sebelum berangkat kuliah, sebelum berangkat ke kantor, sebelum berangkat ke pasar, sebelum keluar rumah di pagi hari... Ingat untuk SHALAT DHUHA dulu ya... (jika nd' sempat di rumah, usahakan lakukan di masjid kampus/mushalla/dikantor/tempat lainnya). Agar Allah SWT memperlancar rizki-Nya ke kita, kita tambah gagah/ cantik, tambah sehat daaan beeersemangaaaaaat...!! ^_^

Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu dzuhur. Dimulai dari naiknya matahari setelah terbit sepenggalah atau seukuran tombak, yaitu sekitar satu meter. Perkiraannya sekitar 15 menit setelah terbit dan diakhiri ketika matahari di atas kepala kita menjelang waktu dzhuhur sekitar 10 menit sebelum matahari tergelincir.

Waktu paling utama dilakukan pada pagi hari disaat matahari sedang naik (terasa menyengat), kira-kira jam 9 pagi.

“Shalatnya awwabin adalah tatkala anak unta merasakan kakinya kepanasan karena terbakar panasnya pasir.” (HR. Muslim no. 1743)

Hadits Rasulullah SAW terkait Shalat Dhuha :
  • "Barang siapa shalat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana disurga” (H.R. Tirmiji dan Abu Majah)
  • “Siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (H.R Tirmidzi)
  • “Dari Ummu Hani bahwa Rasulullah SAW shalat dhuha 8 rakaat dan bersalam tiap dua rakaat.” (HR Abu Daud)
  • “Rasulullah bersabda di dalam Hadits Qudsi, Allah SWT berfirman : “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya" (HR.Hakim dan Thabrani)

Niat shalat Sunnah Dhuha :

Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa. 
Artinya :
"Saya niat shalat sunat dhuha dua raka’at karena Allah ta’ala."

DO'A SETELAH SHOLAT DHUHA :


ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL 'ISHMATA 'ISHMATUKA.

ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASSARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHALIHIN.


Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu.

Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Salam Ukhuwah...
Salam Penuh Inspirasi...!


2 komentar:

  1. mantapp kak :)
    CIIE tawwa ada mi juga official blog nya.. assik :)

    BalasHapus
  2. betul, sholat dhuha itu mengundang rezeki. klau Gak Dhuha rasanya gak tenang. Dulu sy gak melaksanakan Dhuha tp stelah mendengar penjelasan dari ustad Yusuf Mansur saya kemudian mulai rutin mengerjakan Dhuha. Pokoknya da banyak rahasia Allah di dalam Dhuha.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung di Blog kami.
Silahkan komentar. Salam Blogger ^_^