Selasa, 11 Juni 2013

BIOGRAFI FAJRIN AL-BARRU


Muhammad Fajrin S, ST. saat ini diamanahkan sebagai Ketua Umum DPP GAPPEMBAR (Dewan Pimpinan Pusat Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiswa Barru) periode 2013-2015. Ia lahir pada hari Rabu 22 Sya'ban 1409 Hijriyah, tepatnya pada tanggal 29 Maret 1989 Masehi di Pekkae, Kec. Tanete Rilau, Kab.Barru. Putra ketiga dari tujuh bersaudara pasangan Sirajuddin, S.Pd. dan Hj. Rusmiati HS. Saat umur 4 tahun, Ia mulai mengenyam pendidikan Taman Kanak-Kanak di RA.Umdi Padaelo pada tahun 1993 dan kemudian melanjutkan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Attaufiq Pekkae pada tahun 1994. Semenjak sekolah dasar, orang tuanya sangat memperhatikan pembinaan agama dan interaksi sosial dengan memasukkan Ia di sekolah Madrasah yang berdekatan dengan masjid dan Panti Asuhan.



Setelah lulus tahun 2000, Ia melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Tanete Rilau. Kerajinan dalam belajar dan keramahannya berinteraksi dengan guru dan siswa lainnya, serta masuknya Ia di Organisasi Daerah GAPPEMBAR sehingga Ia dipilih sebagai Ketua MPK (Majelis Perwakilan Kelas) dan Siswa Teladan mewakili sekolahnya saat duduk di kelas 3, serta Ia juga dinobatkan sebagai Siswa Berbudi Pekerti Luhur saat pisah tamat kelas 3 di sekolah. Setelah lulus, Ia melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Tanete Rilau tahun 2003. Saat kelas 2 SMA, Ia terpilih sebagai Ketua Umum OSIS SMA Negeri 1 Tanete Rialu dan bersama teman-temannnya telah menyumbangkan 23 Piala Juara berprestasi, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi selama satu periode kepengurusan. Ia sendiri meraih Juara 1 Lomba Seni Lukis Tingkat Sul-Sel pada tahun 2004.


Pada tahun 2006 dinyatakan lolos seleksi masuk di Teknik Elektro Universitas Hasanuddin Makassar dan memperoleh gelar Sarjana Teknik tahun 2012 dengan predikat kelulusan sangat memuaskan. Pengalaman berorganisasi di kampus, baik di lembaga kemahasiswaan, lembaga keilmuan, lembaga sosial maupun di lembaga dakwah, telah memberikan banyak pelajaran dan pengalaman. Setelah bergabung di Komunitas Robot Universitas Hasanuddin, pada bulan Mei tahun 2008 Ia mewakili kampusnya dalam Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Divisi Berkaki di ITS, Surabaya. Pada bulan Juni tahun yg sama, Ia kembali menjadi peserta pada Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional di Universitas Indonesia, Depok. Berkat prestasi dan pengalamannya dalam perlombaan tingkat Nasional, Ia diberikan penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Elektro Fak. Teknik UNHAS pada tahun 2009.
TIM ROBOT Universitas Hasanuddin bersama Rektor UNHAS, Wakil Rektor 3 dan Pembimbing.
Selama di kampus, Ia tidak pernah lepas dari amanah struktural lembaga. Pada tahun pertama di amanahkan sebagai Ketua Panitia Kongres Mahasiswa Teknik Unhas. Tahun kedua diamanahkan sebagai Koordinator Kaderisasi Mushallah Adz-Dzarrah Jurusan Elektro. Tahun ketiga dipercayakan sebagai Koordinator Pengkaderan Himpunan Mahasiswa Elektro. Pada tahun ke empat dipercayakan sebagai koordinator kerohanian Senat Mahasiswa Fakultas Teknik dan pada tahun yg sama diangkat sebagai Ketua Taman Pendidikan Al-Qur’an di Majid Al-Falah Komp.Wesabbe Makassar. Pada tahun terakhir perkuliahan, Ia tergabung di kepengurusan Sosial Service Center Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia dan sebagai Tenaga Sukarela di KPAJ (Komunitas Pecinta Anak Jalanan) Kota Makassar.

Semangat kewirausahaan juga ditunjukkannya selama kuliah. Mulai dari ikut Multi Level Marketing, usaha jasa foto copy, percetakan, penjualan buku, hingga penyewaan LCD Proyektor. Setelah lulus Ia diterima diperusahaan swasta di Makassar dan dalam perjalanannya berkarir memilih berhenti di pekerjaan dengan niat akan membangun usaha sendiri bersama teman-temannya. Pada tahun 2013 terpilih sebagai Ketua Umum DPP GAPPEMBAR dengan membawa Semangat Anak Muda dalam mengembalikan semangat GAPPEMBAR sebagai organisasi kader, pengembangan potensi diri, berjiwa sosial dan berkonstribusi aktif membangun Daerah Barru.

Ia sosok insan cendikia, kreatif, pengabdi, bertanggungjawab, aktivis, agamis, inovatif dan pekerja keras adalah wujud dari pribadinya dan dengan mengedepankan persaudaraan, persahabatan dan persatuan dalam bergerak dan berjuang.

KARIR ORGANISASI DI GAPPEMBAR:
2002 : Mengikuti Latihan Kepemimpinan I GAPPEMBAR Kom.1 Tanete Rilau
2003-2004: Anggota Dept. Data Putaka dan Anggota Kom.1 Tanete Rilau
2004-2005: Sekretaris Komisariat 1 Tanete Rilau
2008-2009: Ketua GAPPEMBAR Komisariat 1 Tanete Rilau
2010: Koordinator Dept.Pendidikan dan Pelatihan Anggota DPP GAPPEMBAR
2012: Ketua Bidang Penertiban Aparatur Organisasi DPP GAPPEMBAR
2013 - skrg : Ketua Umum DPP GAPPEMBAR


PENGALAMAN ORGANISASI:
2002-2003: Ketua MPK (Majelis Perwakilan Kelas) SMPN 1 Tanete Rilau
2004-2005: Ketua Umum OSIS SMAN 1 Tanete Rilau
2008-2009: Pengurus HMI Komisariat Teknik UNHAS
2009-2010: Koordinator Pengkaderan Himpunan Mahasiswa Elektro Fakultas Teknik UNHAS
2010-2011:- Koordinator Kerohanian Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanudddin
                - Ketua TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an) Majid Al-Falah Komp.Wesabbe Makassar
2007-2012: Tim Robot Universitas Hasanuddin
2011-2012: Pengurus Sosial Service Center Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia
2011-2012 : Tenaga Sukarela di KPAJ (Komunitas Pecinta Anak Jalanan) Kota Makassar


PRESTASI - PRESTASI:
2003 : Siswa Teladan SMPN 1 Tanete Rilau
2004 : Juara 1 Lomba Seni Lukis antar siswa SMA/SMK se-Sulawesi Selatan
2006 : Siswa Terfavorit SMAN 1 Tanete Rilau
Mei 2008 : Peserta Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Divisi Berkaki di ITS, Surabaya
Juni 2008 : Peserta Kontes Robot Indonesia di Universitas Indonesia
2009 : Penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional HME Fak. Teknik UNHAS
Mei 2010 : Tim Kontes Robot Indonesia di Universitas Sam Ratulangi, Manado
Juni 2010 : Tim Kontes Robot Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur
Juni 2011 : Tim Kontes Robot Indonesia di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta



Facebook : Fajrin Al-Barru
Tweeter   : @fajrin_albarru
e-mail      : fajrin_albarru@yahoo.co.id
HP           : 081355535992

1 komentar:

Terimakasih telah berkunjung di Blog kami.
Silahkan komentar. Salam Blogger ^_^